Penyelenggara | : | Departemen Anatomi FKKMK UGM |
---|---|---|
Lokasi | : | FKKMK UGM |
Kontak | : | Laboratorium Anatomi FKKMK UGM Jalan Farmako Sekip Utara Sinduadi Mlati Sleman Yogyakarta 55281 Telp. (0274) 6492521; Fax. (0274) 547730 Email : anatomi.fk@ugm.ac.id |
Website | : | http://lab-anat.fk.ugm.ac.id/event/anatomy-the-movies/ |
Waktu | : | Sunday, 01 November 2020 - Saturday, 12 December 2020 |
Latar Belakang
[su_expand more_text=”Baca lebih lanjut” less_text=”Tutup” more_icon=”icon: arrow-down” less_icon=”icon: arrow-up”]
Pembelajaran anatomi merupakan dasar yang sangat penting dipelajari pada bidang kedokteran dan kesehatan. Hal inilah yang menjadikan beban pembelajaran anatomi sangat besar. Inovasi pembelajaran anatomi menjadi sangat penting di era sekarang ini, apalagi keterbatasan cadaver menjadi masalah di berbagai institusi. Selain memanfaatkan sumber belajar internal dan eksternal, pendidikan kedokteran dapat memanfaatkan peer teaching antar sesama mahasiswa. Hal inilah yang ingin kami angkat dalam kompetisi pembelajaran anatomi ini, yakni bagaimana mengkomunikasikan disiplin keilmuan dengan cara yang unik, kreatif dan inovatif. Tentu saja perkembangan teknologi di era sekarang sangat berpengaruh terhadap pembelajaran anatomi, bagaimana mahasiswa belajar dan berbagi.
Era sekarang, yang sering disebut sebagai era revolusi 4.0, dan berlanjut dengan era revolusi 5.0 yang mengedepankan kerja sama serta kesalingtergantungan antar individu. Kedua era tersebut memicu arus perubahan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk pola pembelajaran dan arus informasi pada dunia pendidikan. Pendekatan-pendekatan lama harus berubah seiring dengan perkembangan teknologi, termasuk perubahan dalam proses belajar-mengajar di perguruan tinggi. Pengajaran dan pelatihan di kampus yang berorientasi pada penyebaran informasi harus lebih inovatif dan kreatif, melibatkan peserta didik (mahasiswa) secara aktif, serta memfasilitasi mahasiswa sebagai generasi milenial yang dinamis. Profil mahasiswa ini dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan konsep-konsep keilmuan di bidang kedokteran dan kesehatan yang sering dianggap “berat”, dengan cara membahasakan kembali disiplin keilmuan melalui bahasa keseharian mahasiswa yang cair, menarik, dan mudah dipahami.
Sejak tahun 2012, Departemen Anatomi FK-KMK UGM setiap tahun rutin mengadakan acara GIMSCO (Gadjah Mada Indonesian Medical Science Olympiad) sebagai lomba ilmu kedokteran, terutama ilmu anatomi, yang diikuti oleh mahasiswa kedokteran dari universitas-universitas di Indonesia. Kemudian pada tahun 2019, penamaan GIMSCO berubah menjadi GM-ICA (Gadjah Mada International Competition of Anatomy) seiring dengan lingkup kompetisi yang menjadi internasional, dengan penambahan kegiatan berupa seminar nasional selain perlombaan ilmu anatomi yang rutin diselenggarakan. Perubahan terhadap konsep GIMSCO dan GM-ICA kita ajukan dengan membawa suasana pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif dan unik, memakai bahasa-bahasa mahasiswa dalam menjelaskan konsep-konsep keilmuan supaya lebih menarik dan mudah untuk dipahami.
Oleh karena itu, pada tahun ini GM-ICA akan diganti dengan format lain yakni kompetisi pembuatan video pembelajaran anatomi, serta membahasakan konsep keilmuan yang dikemas dalam presentasi secara kreatif dan menarik. Titik fokus penilaian dalam kompetisi tidak terletak pada kerumitan animasi atau teknik pembuatan videonya, tetapi pada kemampuan peserta untuk menjelaskan suatu konsep dalam keilmuan, dalam hal ini anatomi dengan menggunakan cara yang unik, kreatif dan inovatif.
[/su_expand]
Alur dan Ketentuan Lomba
- Peserta adalah mahasiswa program Sarjana Kedokteran (S1) non Profesi
- Peserta membentuk tim yang terdiri dari 2-3 orang
- Kelompok yang dibentuk boleh terdiri dari mahasiswa dari universitas yang berbeda
- Pendaftaran gratis tanpa dipungut biaya
- Peserta dapat menyertakan dosen sebagai pembimbing dalam lomba ini
- Terdapat 3 babak: Penyisihan, Semifinal (10 tim). dan Final (5 tim)
Babak Penyisihan
- Peserta membuat video mengajar anatomi dasar maupun klinis yang unik, kreatif, dan menarik (topik video bebas dan spesifik, tidak ditentukan dari panitia, contoh: anatomi sistem somatomotorik).
- Peserta mengunggah video ajar yang telah dibuat pada akun Google Drive masing-masing tim (1 tim 1 tautan saja).
- Peserta mengisi formulir registrasi pada tautan bit.ly/DaftarAnatMOVIES. Di bagian akhir formulir disediakan kolom untuk menuliskan tautan Google Drive agar video dapat diakses oleh panitia lomba.
- Registrasi peserta tidak dipungut biaya. Kuota pendaftaran dibatasi 150 tim; jika sudah melebihi kuota maka pendaftaran akan ditutup.
- Panitia akan menyeleksi 10 video terbaik untuk berkompetisi di babak semifinal.
- Saat pengumuman 10 video terbaik, panitia juga mengumumkan tema yang akan dibahas saat semifinal nantinya supaya peserta sempat mempersiapkan diri. Tema akan meliputi beberapa sistem organ, lalu peserta bebas memilih topik spesifik berdasarkan sistem-sistem organ tersebut.
- Satu tim peserta hanya diperkenankan membuat satu video mengajar anatomi, baik tentang anatomi dasar maupun klinis.
- Materi video disampaikan menggunakan Bahasa Indonesia dan penyebutan struktur anatomis mengacu kepada Terminologia Anatomica.
- Durasi video maksimal 10 menit.
- Video dibuat dengan format .mp4 dengan aspek rasio 16:9 dan resolusi minimal 720p. Sedangkan audio dibuat dengan sample rate minimal 44 kHz, bit rate minimal 128 kbps agar terdengar dengan jelas.
- Jika pengambilan video menggunakan smartphone, sebaiknya gunakan smartphone dengan kualitas mikrofon yang bagus dan sensitif. Suasana saat perekaman usahakan tidak ramai. Jika ada, gunakan mikrofon eksternal. Hal ini supaya audio yang dihasilkan jelas dan volumenya tidak terlalu kecil.
- Peserta menggunakan media ajar selain spesimen asli cadaver.
- Pada deskripsi video, peserta wajib mencantumkan referensi media ajar yang digunakan selama produksi video.
- Video boleh berupa rekaman mengajar dengan Powerpoint atau bentuk-bentuk lainnya.
- Titik berat penilaian bukan pada teknik pembuatan video atau kerumitan animasi, tetapi pada cara mengajar atau menerangkan suatu konsep.
- Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
- Panitia/pihak penyelenggara memiliki hak untuk menggunakan video yang dikirimkan peserta untuk tujuan pendidikan, promosional, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Dengan mengikuti kompetisi ini, maka peserta dianggap menyetujui pernyataan ini.
Babak Semifinal
- Peserta akan membawakan materi secara live streaming dari lokasi masing-masing.
- Terdapat 10 tema besar sistem organ untuk 10 tim, yaitu:
· Systema Cardiovasculare | · Systema Respiratorium |
· Organa Urinaria | · Systema Digestorium |
· Systema Nervosum | · Systema Musculoskeletale |
· Organa Genitalia Masculina | · Organa Genitalia Feminina |
· Glandulae Endocrinae | · Organa Sensoria |
Tema yang akan dibawakan oleh masing-masing tim akan ditentukan secara acak oleh Dewan Juri sebelum peserta memulai presentasi.
- Tim memilih 5 tema besar dari 10 tema yang tersedia untuk dipersiapkan pada babak semifinal. Satu tema terpilih yang akan dibawakan oleh masing-masing tim akan ditentukan secara acak oleh Dewan Juri sebelum peserta memulai presentasi.
- Tim mempresentasikan suatu teori/konsep anatomi secara lebih spesifik sesuai dengan tema besarnya, misal vaskularisasi organ digesti, kompartemen otot regio antebrachium, dll.
- Durasi penyampaian materi oleh peserta selama 10 menit, dilanjutkan dengan komentar dari Dewan Juri selama 3-5
- Teknik fasilitasi bebas, tidak hanya berupa presentasi materi menggunakan Powerpoint. Kreativitas dalam penyampaian materi menjadi salah satu penilaian di dalam kompetisi ini.
- Jika menggunakan Powerpoint, peserta menunjukkan diri terlebih dahulu sebelum presentasi untuk memastikan identitas, kemudian share screen
Peserta wajib menjelaskan secara live dan dilarang memasukkan rekaman suara (voice over) ke dalam Powerpoint.
- Sebelum mulai menyampaikan materi, peserta memilih target audience, apakah untuk kelompok kecil (8-10 orang), sedang (40-50 orang), atau kelas besar (100 orang atau lebih). Panitia akan menyiapkan satu kelompok mahasiswa untuk bermain peran menjadi audience apabila peserta memilih target kelompok kecil. Peserta juga diizinkan untuk berinteraksi dengan audience yang menonton di Auditorium FK-KMK UGM maupun melalui YouTube.
- Beberapa kriteria dalam rubrik penilaian dewan juri meliputi teknik pembelajaran, kebenaran konsep/konten anatomi, kreativitas, keunikan, dan kemampuan untuk berinteraksi dengan audience (rubrik penilaian akan disertakan dalam lampiran guideline).
- Lima tim terbaik menurut penilaian Dewan Juri akan melanjutkan kompetisi ke babak final.
- Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat..
Babak Final
- Format babak final secara umum sama dengan babak Lima kasus klinis akan diberikan setelah babak semifinal untuk dipersiapkan dan dipresentasikan pada babak final.
- Peserta akan diberi kasus klinis secara acak dari 5 kasus yang sudah diberikan sebelumnya oleh dewan juri, lalu peserta menjelaskan korelasinya terhadap anatomi dasar secara live streaming. Kasus yang dibahas tidak terbatas hanya pada satu sistem organ, tetapi lintas sistem.
- Durasi penjelasan peserta 15 menit, dilanjutkan dengan komentar dari Dewan Juri selama 3-5 menit
- Semifinal dan final akan dipandu oleh MC, dan akan ditayangkan live di Auditorium Ruang Kuliah lantai 1 FK-KMK UGM (audience adalah Dewan Juri dan mahasiswa, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dan pembatasan jumlah orang dalam satu ruangan).
- Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.
Timeline Lomba
- Sosialisasi: Oktober 2020
- Registrasi peserta dan unggah video: 1 – 14 November 2020
- Pengumuman peserta yang lolos ke semifinal: 27 November 2020
- Semifinal dan pengumuman peserta yang lolos ke final: 5 Desember 2020
- Final: 12 Desember 2020
Hadiah
- Juara 1 : Uang tunai 4.000.000,00 + satu set Atlas Anatomi Manusia Prometheus + sertifikat
- Juara 2: Uang tunai 3.000.000,00 + Atlas Anatomi Manusia Kajian Fotografik Tubuh Manusia edisi 8 + sertifikat
- Juara 3: Uang tunai 2.500.000,00 + Atlas Anatomi Manusia Kajian Fotografik Tubuh Manusia edisi 8 + sertifikat
- Juara Harapan 1: Uang tunai 2.000.000,00 + Voucher Belanja di Website Penerbit EGC senilai Rp. 750.000,00 + sertifikat
- Juara Harapan 2: Uang tunai 1.500.000,00 + Voucher Belanja di Website Penerbit EGC senilai Rp. 750.000,00 + sertifikat
- Hadiah hiburan untuk semua semifinalis dari penerbit EGC