Unilateral Ureteral Obstruction (UUO)

Unilateral Ureteral Obstruction (UUO) merupakan model penyakit fibrosis ginjal yang diaplikasikan pada hewan coba, seperti tikus dan mencit. Model tersebut merupakan model standar untuk penyakit fibrosis ginjal yang digunakan untuk mengetahui efek suatu obat atau zat aktif pada kondisi fibrosis ginjal.

Video mengenai praktikum kuliah tentang fibrosis ginjal disusun dalam rangka mendukung kegiatan pembelajaran Student Centre Learning (SCL) dan memfasilitasi dosen serta peneliti yang ingin mengembangkan penelitian mengenai penyakit ginjal kronis.

Tahap akhir dari penyakit ginjal kronis yaitu terjadinya penumpukan jaringan matriks ekstraseluler yang berakhir pada fibrosis ginjal dan kematian.

Dalam rangka menurunkan angka kematian dan mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit ginjal kronis, dosen dan peneliti melakukan penelitian mengenai penggunaan zat aktif dari bahan alam dan obat baru melalui uji pre-klinik.

Dalam tahapan uji pre-klinik inilah penggunaan hewan model merupakan pilihan yang banyak digunakan untuk mengetahui efek pemberian obat secara sistemik.

Oleh karena itu, penggunaan hewan model masih menjadi pilihan utama dan masih terus dikembangkan. Pembuatan prosedur operasi hewan coba model fibrosis ginjal ini masih sangat dibutuhkan oleh ahli farmasi, dokter, dan dokter hewan untuk menurunkan angka kematian penduduk akibat penyakit ginjal kronis.

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*