5/6 Subtotal Nephrectomy (5/6 SN)

5/6 Subtotal Nephrectomy (5/6 SN) merupakan model hewan coba yang diaplikasikan pada tikus atau mencit untuk menghasilkan keadaan gagal ginjal akibat penurunan atau hilangnya fungsi ginjal pada manusia.

Untuk menurunkan resiko mortalitas, prosedur 5/6 Subtotal Nephrectomy (5/6 SN) dilakukan dengan melakukan uninefrektomi pada ginjal kanan.

Kemudian, progres selanjutnya diikuti dengan menghilangkan polus superior et inferior ginjal kiri sehingga menghasilkan keadaan hidronefrosis, peningkatan kadar kreatinan, blood urea nitrogen (BUN), dan proteinuria serta fibrosis ginjal.

Kajian secara proteomic menunjukkan bahwa pada model penyakit ginjal kronis ini terjadi peningkatan ekspresi protein alpha-SMA, dan TGFb yang menjadi penanda adanya fibrosis ginjal.

Dalam rangka menurunkan angka kematian dan mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit ginjal kronis, dosen dan peneliti melakukan penelitian mengenai penggunaan zat aktif dari bahan alam dan obat baru melalui uji pre-klinik.

Dalam tahapan uji pre-klinik inilah penggunaan hewan model merupakan pilihan yang sering digunakan untuk mengetahui efek pemberian obat secara sistemik.

Oleh karena itu, penggunaan hewan model masih menjadi pilihan utama dan masih terus dikembangkan.

Pembuatan prosedur operasi hewan coba model fibrosis ginjal ini masih dibutuhkan oleh ahli farmasi, dokter, dan dokter hewan untuk menurunkan angka kematian penduduk akibat penyakit ginjal kronis.

Dengan adanya video pembelajaran teknik operasi hewan coba ini, diharapkan dosen, peneliti, dan mahasiswa dapat mempelajari terlebih dahulu sebelum melakukan praktek sehingga dapat mendukung gerakan 3R (reduce, reuse, and refinement).

Leave A Comment

Your email address will not be published.

*